Sabtu, 03 Desember 2011

"ORGANISASI"

ORGANISASI


secara umum organisasi dapat di artikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu hierarki sistematis dalam pembagian kerja, dalam merangkai mencapai tujuan dan sistematis.

          dalam arti lain organisasi adalah sekelompok orang ( dua atau lebih ) yang secara formal diperstukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

pengertian organisasi menurut beberapa ahli :


 organisasi menurut Stoner : 
 adalah suatu pola hubungan yang melalui orang - orang di bawahpengarahan manajer mengejar tujuan   bersama.
 organisasi menurut James D.Mooney:
  adalah suatu bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.


 organisasi menurut Chester I. Bernard:
   adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

 adapun syarat - syarat tertentu yang harus terpenuhi dalam sebuah organisasi :
- ada nya struktur atau jenjang jabatan, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi  memiliki perbedaan posisi yang jelas, seperti pimpinan, staf pimpinan dan karyawan.
- dalam sebuah organisasi ada pembagian kerja, artinya setiap individu dalam institusi, baik yang sifat nya komersial maupun sosial memiliki satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawab nya.

selain syarat - syarat organisasi ada juga ciri - ciri organisasi :
- ada nya komponen ( atasan dan bawahan )
- adanya kerjasama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang )
- adanya tujuan.
- adanya sasaran
- adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus di taati.
- adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas - tugas.

contoh susunan organisasi 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar